Kolesterol dan Kesehatan


Tentang Kolesterol

 

Pernahkan Anda didiagnosis memiliki kolesterol tinggi? Apakah Anda ingin menurunkan kolesterol Anda? Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu: Apakah kolesterol?
Kolesterol adalah sebuah substansi mirip lilin-lemak yang dibuat di hati dan sel-sel lain dan ditemukan di dalam makanan-makanan tertentu seperti makanan yang terbuat dari binatang, misalnya produk olahan susu, telur, dan daging. 
Tubuh kita memerlukan kolesterol dalam jumlah tertentu agar bisa berfungsi dengan baik. Dinding-dinding sel, atau selaput (membran), memerlukan kolesterol untuk memproduksi hormone, vitamin D, dan asam empedu yang membantu mencerna lemak. Namun tubuh kita hanya memerlukan kolesterol dalam jumlah tertentu untuk memnuhi kebutuhannya. Terlalu banyak kolesterol dalam tubuh dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti penyakit jantung.

Kolesterol dan Penyakit Jantung

Ketika jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak, plak (endapan tebal dan keras) dapat terbentuk dalam pembuluh darah sehingga mempersempit ruang gerak bagi darah untuk mengalir ke jantung. Seiring waktu, endapan ini akan menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) yang menyebabkan penyakit jantung.
Ketika jumlah darah yang membawa oksigen tidak cukup, akan berujung pada angina – nyeri di dada. Ketika suplai darah ke sebagian area jantung terhenti sepenuhnya karena tertutupnya pembuluh darah di jantung¸ akibatnya adalah serangan jantung. Hal ini biasanya terjadi akibat tertutupnya pembuluh darah yang sebelumnya memang sudah menyempit oleh darah yang membeku.

Jenis-jenis Kolesterol

Kolesterol beredar di dalam darah dengan menumpang pada protein – paket kolesterol-protein ini disebut lipoprotein. Lipoprotein dikelompokkan menjadi kepadatan tinggi, kepadatan rendah, kepadatan sangat rendah, tergantung pada seberapa banyak protein yang terhubung dengan lemak.

  • Low density lipoproteins (LDL): LDL, juga disebut kolesterol "jahat", dapat meningkatkan plak pada dinding-dinding pembuluh darah. Semakin banyak LDL dalam darah, semakin tinggi risiko penyakit jantung.
  • High density lipoproteins (HDL): HDL,disebut juga kolesterol "baik", membantu tubuh menyingkirkan kolesterol jahat dalam darah. Makin tinggi tingkat kolesterol HDL semakin baik. 
  • Jika tingkat HDL Anda rendah, risiko penyakit jantung Anda meningkat.
  • Very low density lipoproteins (VLDL): VLDL mirip dengan kolesterol LDL yaitu terdiri dari sebagian besar lemak dan sedikit protein.
  • Trigliserida: Trigliserida adalah jenis lemak lain yang dibawa dalam darah oleh lipoprotein kepadatan sangat rendah. Sisa kelebihan kalori, alkohol, atau gula dalam tubuh diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel-sel lemak di seluruh tubuh.


Faktor Apa Sajakah yang Mempengaruhi Tingkat Kolesterol?

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kolesterol Anda, yaitu:

  • Diet (mengatur pola makan). Lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan Anda meningkatkan tingkat kolesterol. Cobalah untuk mengurangi jumlah lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan Anda.
  • Berat badan. Selain sebagai penambah factor risiko bagi penyakit jantung, kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan kolesterol Anda. Mengurangi berat badan dapat membantu menurunkan tingkat LDL dan total kolesterol, dan juga meningkatkan tingkat kolesterol HDL.
  • Berolah raga. Olah raga teratur dapat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Cobalah untuk bergerak aktif minimal 30 menit setiap hari.
  • Usia dan Jenis Kelamin. Semakin tua, kadar kolesterol meningkat. Sebelum menopause, perempuan cenderung memiliki tingkat kolesterol total lebih rendah dibanding laki-laki yang seumuran. Namun setelah menopause, kadar LDL perempuan cenderung naik.
  • Diabetes. Diabetes yang kurang terkendali dapat meningkatkan tingkat kolesterol. Dengan  pengendalian yang lebih baik, kadar-kadar kolesterol dapat menurun.
  • Keturunan. Gen Anda sebagian menentukan seberapa banyak kolesterol yang dihasilkan oleh tubuh Anda. Kolesterol darah tinggi dapat menurun di keluarga.
  • Penyebab-penyebab lain. Obat-obatan dan kondisi medis tertentu dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Berapakah Kolesterol yang Terlalu Banyak?

Semua orang yang berumur di atas 20 tahun harus memeriksa kadar-kadar kolesterol mereka setidaknya sekali setiap lima tahun.
Ketika diperiksa, dokter Anda mungkin merekomendasikan Anda untuk melakukan cek darah kolesterol tanda atau dengan berpuasa. Cek kolesterol tanpa berpuasa, yang disebut profil lipid atau analisa lipoprotein, akan menunjukkan total kolesterol dan kolesterol HDL Anda. Cek kolesterol dengan berpuasa akan mengukur kolesterol LDL, HDL, dan total. Cek ini juga akan mengukur trigliserida.
Dokter Anda mungkin akan mulai dengan cek kolesterol tanpa puasa lalu merekomdeasikan sebuah profil lipid berdasarkan cek kolesterol tanpa puasa tersebut.
Para dokter merekomendasikan kadar kolesterol Anda bertahan di bawah angka 200. Berikut adalah rinciannya:

Kolesterol Total
Kategori
Kurang dari 200
Ideal
200 - 239
Batas Atas
240 keatas
Tinggi


Tingkat LDL, HDL, trigliserida juga sama pentingnya.

Bagaimana Menurunkan Kolesterol dan Risiko Saya Terkena Penyakit Jantung?

Beberapa perubahan sederhana dapat membantu menurunkan kolesterol Anda dan risiko Anda terkena penyakit jantung:

  • Makan makanan berkolesterol rendah.   Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan membatasi asupan kolesterol harian Anda kurang dari 300 milligram. Jika Anda mengidap penyakit jantung, batasi asupan harian Anda kurang dari 200 milligram. Kita dapat menurunkan asupan kolesterol secara signifikan dengan menjaga asupan lemak jenuh tetap rendah dan menghindari makanan berlemak jenuh tinggi dan yang mengandung banyak kolesterol.
  • Berhenti merokok. Merokok menurunkan kadar kolesterol HDL ("baik"). Kecenderungan ini bisa dibalik bila Anda berhenti merokok.
  • Olah raga. Olah raga meningkatkan kolesterol HDL bagi sebagian orang. Bahkan kegiatan dengan intensitas sedang pun, jika dilakukan tiap hari, dapat membantu mengontrol berat badan, diabetes, dan tekanan darah tinggi –  semua faktor yang berisiko penyakit jantung.
  • Minum obat sebagaimana diresepkan oleh dokter Anda. Kadang mebuat perubahan dalam pola makan Anda dan memperbanyak olah raga tidak cukup untuk menurunkan kolesterol Anda. Anda mungkin juga perlu meminum obat penurun kolesterol.

Bagaimana Menangani Kolesterol?

Tujuan utama mengurangi kolesterol adalah untuk menurunkan kadar LDL Anda dan menaikkan HDL. Ada dua cara kunci untuk menurunkan kolesterol: makan makanan yang sehat untuk jantung dan minum obat penurun kolesterol.
Para dokter menentukan "tujuan" Anda menurunkan LDL berdasarkan jumlah faktor risiko yang Anda miliki.

  • Jika Anda memiliki jumlah faktor risiko 0-1 untuk terkena penyakit jantung, risiko Anda rendah-sedang. Direkomendasikan untuk merubah pola hidup agar kadar kolesterol Anda tetap terjaga.
  • Jika Anda memiliki 2 atau lebih faktor risiko, risiko Anda sedang atau hampir tinggi, tergantung faktor risiko penyakit jantung apa yang Anda derita. Terkadang dokter Anda akan mencoba perubahan pola hidup, namun sebagian besar orang di kategori ini memerlukan obat penurun kolesterol.
  • Jika Anda diketahui mengidap penyakit jantung, diabetes, atau memiliki banyak faktor risiko, maka risiko Anda sangat tinggi. Orang-orang dalam kelompok ini memerlukan kombinasi oba-obatan penurun kolesterol dan perubahan pola hidup agar dapat mengendalikan tingkat kolesterol mereka.

Obat-obatan penurun kolesterol paling efektif ketika dikombinasikan dengan diet rendah kolestrol.


Synergy Worldwide memberikan program Smart Detox, yg fungsinya adalah untuk membersihkan tubuh anda dari racun racun yg mengakibatkan tingginya kadar kolesterol, gula darah, lemak jenuh, dan terutama masal berat badan. Juga produk pendukung yg berkualiitas tinggi sebagai solusi untuk masalah kolesterol, Garlic, yg berfungsi sebagai pengencer darah, menurunkan kadar LDL, menaikan HDL, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Mistica, yang terbuat dari sari buah acai dan beberapa buah berry lain yg sangat tinggi kadar antioksidannya dan dapat mengikat lemak jenuh dalam darah. juga berfungsi untuk mempertebal dinding pembuluh darah.