3 Cara Memaksimalkan Manfaat Bawang Putih



Beberapa orang mengatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih akan menyebabkan bau mulut dan keringat yang tidak sedap. Di sisi lain, bawang putih memiliki sejuta manfaat selain menjadi bumbu masakan.

Bawang putih sudah sejak lama digunakan untuk memasak. Manfaat kesehatan yang diberikan oleh bawang putih juga sangat beragam. Kandungannya terdiri dari lemak, protein, hidrat arang, vitamin B1 dan vitamin C.

Bumbu dapur satu ini juga bisa mengurangi gejala insomnia atau gangguan tidur, mengurangi hipertensi, mengobati sakit kepala serta membunuh bakteri-bakteri jahat yang dapat meracuni makanan. Namun untuk mendapatkan manfaat-manfaat bawang putih tadi, Anda harus mengetahui cara mengolahnya.

Jika salah dalam proses pengolahan, manfaat bawang putih yang seharusnya dapat terserap oleh tubuh malah justru hilang begitu saja. Untuk itu, ketahui tiga cara memaksimalkan manfaat bawang putih.

1. Cara makan
Saat mengkonsumsi bawang putih, seperti dilansir dari Fitsugar, pastikan bawang putih tersebut dimemarkan atau dihancurkan. Cara ini untuk mengeluarkan sari-sarinya yang mengandung senyawa anti bakteri. Jangan lupa untuk memasaknya maksimal selama 3 hingga 6 menit. Jika Anda ingin memotong atau mencacahnya, pastikan memarkan terlebih dahulu menggunakan gagang pisau.

2. Meredakan gangguan tenggorokan
Untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan dengan bawang putih, campurkan 6 siung bawang putih yang sudah dimemarkan hingga hancur ke dalam air  panas. Lalu, berkumurlah menggunakan campuran tadi selama kurang lebih tiga hari sampai benar-benar sembuh. Campuran tersebut dapat menghangatkan jaringan di dalam tenggorokan yang meradang. Bawang putih juga memiliki zat anti mikroba yang melawan nyeri yang diakibatkan oleh bakteri.

3. Masak tangkai atau batang bawang putih
Tangkainya panjang, tipis, dan berwarna hijau tersebut memiliki rasa yang lezat dan terasa seperti bawang putih, namun lebih ringan. Anda dapat menumisnya dalam minyak zaitun dan memakannya langsung, bisa juga dicampurkan dengan masakan. Tangkai bawang putih juga mengandung protein, vitamin C dan kalsium.

Sumber : VivaLive

artikel selanjutnya